KARYA TULIS ILMIAH ^ PEMANFAATAN BUAH BIT SEBAGAI PENGHANCUR SEL TUMOR^




PEMANFAATAN BUAH BIT
SEBAGAI PENGHANCUR SEL TUMOR

( Karya Tulis Ilmiah Ini disusun sebagai Syarat untuk Mengikuti Ujian Kenaikan Kelas Tahun 2011/2013 )

logowarna.bmp

OLEH:
FIRDAUSI  NUZULA
YUNI  ANGGRAINI  M.


SMA A. WAHID HASYIM TEBUIRENG JOMBANG
PERIODE 2012/2013

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat Rahmat dan Hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan penyusunan karya ilmiah yang berjudul “Pemanfaatan Buah Bit sebagai Penghancur Sel Tumor”.
Kami juga mengucapkan terimakasih kepada guru Bahasa Indonesia yaitu Ibu Ninuk Latifah yang telah membimbing kami agar kami dapat mengerti bagaimana menyusun sebuah Karya Tulis Ilmiah.
Adapun maksud dilaksanakannya penyusunan karya ilmiah ini tidak lain adalah untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia yang ditugaskan kepada kami, sehingga kami lebih memahami tentang manfaat buah bit dalam kehidupan kita.
Kami menyadari bahwa karya ilmiah ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu, sudilah kiranya para pembaca untuk memberikan masukan dan saran sehingga isi karya ilmiah ini dapat lebih sempurna.
Dan sebelumnya kami memohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada kesalahan cetak atau bahasa yang kurang baku di dalam karya tulis ilmiah ini.
Akhirnya, kami berharap semoga isi karya ilmiah ini dapat memberikan manfaat bagi siapa saja yang memerlukannya dimasa sekarang dan yang akan datang. Aamiin.


                                                                                                            Jombang, 19 Mei 2013

                                                                                                                        Penulis




DAFTAR ISI
DAFTAR ISI………………...……………………………………………………………...……iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang……………………………………………………………………….01
1.2 Rumusan Masalah…………..……………….……………………………………….02
1.3 Tujuan..………………………………………………………………………………02
1.4 Manfaat………………………………………………………………………………02
1.5 Metode Penelitian……………………………………………………………………02
BAB II PEMBAHASAN
            KAJIAN TEORI…………………………………………………………………………03
            2.1 Cara Mengolah Buah Bit………….………………………………………...……….07
            2.2 Kandungan Buah Bit……………………………………………...…………………07
            2.3 Buah Bit Pemecah Sel Tumor…………………………………………….…………11
            2.4 Jenis-Jenis Buah Bit…………………………………………...…………………….12
BAB III PENUTUP
            3.1 Simpulan…...……………..………………………………………………………….16
            3.2 Saran………………………………………………………...……………………….17
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………….…………………..…18
LAMPIRAN……………………….……………………………………………………………19




BAB I
                                                PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Buah bit merupakan tanaman umbi-umbian yang  kurang diminati masyarakat, dari namanya saja makanan menyehatkan ini sangatlah tidak menarik dan tidak popular bagi masyarakat luas. Namun dibalik namanya yang kurang dikenal itu terdapat khasiat yang luar biasa di dalamnya. Mulai dari daun, buah , sampai akarnya dapat dimanfaatkan untuk bebagai keperluan, sayuran sampai obat.
Buah yang memiliki nama latin Beta Vulgaris yang berasal dari keluarga Amaranthaceae berasal dari Negara Amerika Utara dan Inggris. Pada zaman Napoleon Bonaparte buah ini dekenal sebagai penghasil gula. Tinggi tanaman ini kurang lebih satu meter sampai tiga meter.
Buah bit dikenal di Amerika Serikat sebagai obat penyakit-penyakit tertentu. Penghancur sel tumor merupakan salah satu manfaat dari kandungan zat-zat dalam buah bit. Buah bit mengandung karbohidrat yang berbentuk gula dengan sedikit kandungan lemak dan protein. Dimana karbohidrat yang mudah menjadi energi dan zat besi yang membantu darah mengangkut oksigen ke otak .

Bit merupakan sumber yang kaya antioksidan dan nutrisi, termasuk magnesium, natrium, kalium dan vitamin C, dan betaine, yang berfungsi dengan bertindak dengan nutrisi lain untuk mengurangi konsentrasi homosistein, homolog dari alami asam amino sistein, yang telah disarankan untuk dapat merusak pembuluh darah dan dengan demikian berkontribusi terhadap perkembangan penyakit jantung, stroke, dan penyakit pembuluh darah perifer. Fungsi betaine dalam hubungannya dengan S-adenosylmethionine, asam folat, dan vitamin B6 dan B12 untuk melaksanakan fungsi ini.

Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah bit dapat mencegah pertumbuhan sel tumor. Warna ungu dari buah bit itu sendiri di karenakan oleh gabungan pigmen ungu betasianin dan pigmen kuning betasantin. Pigmen inilah yang bermanfaat untuk mengahancurkan sel tumor dan kanker.
1.2 Rumusan Masalah

1.      Bagaimana cara mengolah buah bit bagi penderita penyakit tumor?

2.      Apa saja zat-zat  yang terkandung dalam buah bit?

3.      Apakah buah bit dapat menghancurkan sel tumor?

4.      Apa saja jenis-jenis buah bit?

1.3  Tujuan

1.      Untuk mengetahu proses pengolahan buah bit untuk pengobatan sel tumor.

2.      Untuk mengetahui zat-zat yang terkandung didalam buah bit.

3.      Untuk mengetahui bahwa buah bit dapat menghancurkan sel tumor..

4.      Untuk mengetahui jenis-jenis (varietas) buah bit.

1.4  Manfaat

1.      Mengenalkan masyarakat tentang buah bit yang kaya akan manfaatnya.

2.      Memberikan informasi tentang sejarah buah bit.

3.      Memberikan alternatif obat herbal bagi penderita penyakit tumor.

4.      Mngenalkan masyarakat tentang pewarna alami yang dihasilkan oleh buah bit.

1.5  Metode Penelitian

Metode yang kami gunakan adalah study pustaka yaitu dengan cara mencari sumber-sumber referensi dari media masa elekronik internasional yaitu internet.

 

 

 

 

 

BAB II

     PEMBAHASAN

 

Bit mengandung antioksidan betacyanin yang kuat, yang memberikan warna merah pada Bit. Bit diyakini asli berasal dari wilayah Mediterania di Eropa dan mungkin Asia Barat. Bit telah digunakan sebagai sayur untuk 2000 tahun terakhir, bahkan oleh orang Yunani dan Roma. Bit juga sangat dihargai pada jaman dahulu bahwa bit ditawarkan sebagai perak untuk Apolli di kuil Delphi.Bit mengandung natrium, kalium, fosfor, kalsium, yodium, besi, tembaga, Vitamin B1, B2, B3, B6 dan C.

Bit  juga dikenal di Amerika Utara sebagai bit meja, bit taman, bit merah atau emas, atau informal hanya sebagai bit. B. Vulgaris L. Subsp. Conditiva adalah salah satu varietas yang paling sering ditemui di Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Eropa. Warna merah senyawa betanin tidak dipecah dalam tubuh, dan dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan urin sementara (disebut beeturia) dan bangku untuk mengasumsikan warna kemerahan. Efek ini dapat menyebabkan kesusahan dan kekhawatiran karena kemiripan visual untuk hematuria (darah dalam urin) atau darah dalam tinja, namun sama sekali tidak berbahaya dan akan mereda setelah makanan yang keluar dari sistem.
Sebuah studi baru-baru ini disorot bit sebagai sumber makanan nitrat akut, yang digunakan untuk menguji pengaruh suplementasi nitrat pada denyut jantung istirahat dan apnea berkelanjutan. 70 ml jus bit, mengandung sekitar 5mmol nitrat, ditemukan untuk mengurangi tekanan darah istirahat sebesar 2% dan meningkatkan durasi maksimal apnea sebesar 11% pada penyelam yang berpengalaman, relatif terhadap kelompok kontrol yang menerima plasebo yang mengandung nitrat 0.003mmol.

 

 

 

Dalam taksonomi tumbuhan, Beta vulgaris L diklasifikasikan sebagai berikut :

Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Hamamelidae
Ordo : Caryophyllales
Famili : Chenopodiaceae
Genus : Beta
Spesies : Beta vulgaris L.
.Pada tanaman bit, yang lebih dikenal mempunyai khasiat kesehatan adalah umbinya. Berbentuk bulat seperti kentang dengan warna merah – ungu gelap. Daunnya bisa dimasak seperti sayur hijau lainnya. Bit berasal dari Mesopotamia, yang kemudian menyebar ke negara tetangga di daratan Asia maupun di Eropa. Salah satu manfaat jus bit adalah menambah pasokan energi, disamping itu masih banyak manfaat lain dari mengasup bit dengan cara dibuat jus, direbus sebentar untuk  salad, atau dihaluskan untuk sup, dan lain-lain. Yang perlu diperhatikan, apabila pada buah-buahan kulitnya dianjurkan untuk disantap, pada akar bit, kulitnya sebaiknya dibuang.
Berikut ini adalah manfaat lain yang dihasilkan dari buah bit :
*      Mengatasi masalah ketombe
Untuk mengatasi masalah ketombe yang membandel, cobalah merebus bit dengan sedikit cuka alami (apple cider vinegar). Lalu dioles-oleskan dan dipijat lembut ke kulit kepala. Biarkan semalaman dibungkus dengan handuk. Keesokan harinya bilaslah dan keramaslah.


*      Sebagai penghancur sel tumor dan sel kanker
Jus bit kaya sekali akan kandungan oksidan yang dibutuhkan oleh para pasien dengan masalah kanker dan tumor.
Berikut merupakan resep jus buah bit untuk pasien kanker dan tumor:
1.       2 wortel ukuran sedang dicincang
2.      ½ bit ukuran sedang dicincang
3.      2 batang selederi lokal atau 1 batang selederi impor
4.      30 gram bayam dan 4 batang parsley.
5.      Semuanya dijus dan segera diminum
*      Mengatasi anemia dan memproduksi sel-sel darah merah
 Bit yang berwarna kemerahan ini dihubungkan dengan warna darah manusia, sehingga dipakai untuk mengatasi masalah anemia. Sebenarnya yang mengatasi anemia adalah kandungan zat besinya yang cukup tinggi, yang mengaktifkan kembali dan meregenarasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah.
Cara membuat jus untuk pengobatan anemia:
a.   Cuci buah bit
b.   Kupas kulitnya
 c.   Potong dan masukkan dalam blender atau diparut
d.   Kemudian peras ambil airnya (untuk 1 gelas)
e.   Tuangkan ke dalam gelas dan siap diminum



*      Memberi tenaga dan menyeimbangkan tubuh
Minum jus bit bisa membantu orang berolah raga lebih lama 16% disebabkan oleh kandungan nitratnya mengurangi pengeluaran/pembakaran oksigen dalam olah raga, sehingga rasa capai yang disebabkan oleh olah raga berkurang (Penelitian di Inggris: Univ. of Exeter; BBC News, 6 Agustus, 2009). Karena itu minum jus yang dicampur bit pada malam hari bisa dipakai sebagai jus tonik asmara, menambah enerji dan melancarkan aliran darah.
*      Masalah pencernaan
Bila Anda mengalami masalah pencernaan, rasa mual dan nyeri, diare, disentri, bisa minum jus bit yang dicampur wortel dengan satu sendok makan jus lemon atau jeruk nipis. Minum jus bit yang dicampur dengan satu sendok makan madu di pagi hari sebelum sarapan akan membantu mengurangi masalah ‘sebah’ di perut. Daun bit juga bermanfaat menanggulangi sakit demam kuning dan pencernaan. Cukup  sehari sekali.
*      Pewarna makanan alami
Kandungan betaninnya yang menghasilkan warna merah cemerlang dipakai untuk pewarna alami makanan, misalnya es krim, mewarnai telur paskah, jeli, dan lain sebagainya.
*      Gradasi warna burgundy pada pewarnaan rambut
Bila Anda akan mewarna rambut Anda dengan bubuk henna, cobalah pilih warna hitam dan kemudian dicampur dengan jus akar bit merah. Hasilnya, rambut Anda akan hitam dengan gradasi burgundy dan alami. Lebih sehat dan tetap cantik alami.
*      Menurunkan tekanan darah, menyehatkan jantung, dan pembuluh darah
Para ahli di Inggris dan di Amerika Serikat menyarankan penderita hipertensi untuk minum 500 ml jus bit setiap hari. Telah terbukti secara nyata minum jus dari umbi bit ini menurunkan hipertensi . Kandungan nitratnya yang juga terdapat pada sayur berdaun hijau, menurunkan tekanan darah. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Barts and London School of Medicine dan juga Peninsula Medical School menyarankan untuk cara murah ini untuk menurunkan hipertensi.
Menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, bahwa minum jus bit serta sayuran lain yang kaya akan kandungan nitrat akan memelihara kesehatan jantung.
*      Membersihkan dan menetralkan racun di dalam tubuh
*      Menurunkan kadar kolesterol
2.1 Cara Mengolah Jus Buah Bit

jus-bitt.jpgBit mengandung karbohidrat dalam bentuk gula dengan sedikit kandungan protein dan lemak. Banyak cara menyantap bit, yaitu: dibuat jus, direbus sebentar untuk salad, dibuat pure (dihaluskan) untuk sup, dan lain-lain. Bagi penderita penyakit tumor sebaiknya buah bit diproses dengan dijus.

1.      Ambil beberapa buah bit.

2.      Cuci terlebih dahulu buah bit yang akan digunakan untuk membuat jus.

3.      Kemudian kupas kulitnya dan potong-potong (yang perlu diperhatikan, apabila pada buah-buahan kulitnya dianjurkan untuk disantap, pada buah bit, kulitnya sebaiknya dibuang).

4.      Masukkan ke dalam alat penghalus seperti blender dan tambahkan sedikit air. Bila telah selesai diblender.

5.      Saring airnya ke dalam gelas dan jus buah bit siap untuk dikonsumsi. 

 

2.2  Kandungan Buah Bit

Bit dianggap sebagai bonus makanan otak karena mengandung banyak zat gizi penting untuk otak. Untuk menghasilkan energi, otak memerlukan karbohidrat dan oksigen. Bit sangat kaya dengan karbohidrat siap pakai dan merupakan sumber zat besi (sangat bermanfaat bagi vegetarian yang dapat membantu aliran darah yang membawa oksigen ke otak.
Warna ungu bit disebabkan adanya antosianidin yang dapat melindungi membran sel otak yang sangat lembut dan menjadikannnya lebih mudah menerima pesan neurotransmitter. Bit juga kaya sodium, potasium, kalsium, dan fosfor, yang penting bagi kesehatan mental. Semua mineral ini bekerja sama untuk menghasilkan dan mengirimkan pesan saraf.
*      Karbohidrat

Karbohidrat adalah zat makanan yang menghasilkan energi yang diperlukan oleh tubuh manusia. Karbohidrat berfungsi dalan penyediaan bahan pembentuk protein dan lemak serta menjaga keseimbangan asam dan basa.
*      Asam Folat 34%

Menumbuhkan dan mengganti sel-sel yang rusak . Selain itu asam folat juga baik untuk ibu hamil yang berperan dalam pembentukan otak pada bayi.

*      Kalium (K)14,8%

Membantu kontraksi rangka dan otot halus, juga membantu memperlancar dan  menyeimbangkan asam-basa tubuh. Pencegahan osteoporosis dan menurunkan tekanan darah.

*      Serat 13,6%

Memberikan perasaan kenyang lebih lama, memperlambat kenaikan gula darah sehingga dibutuhkan sedikit insulin untuk mengubah glukosa menjadi energi, meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dengan cara meningkatkan motilitas (pergerakan) usus besar, mengurangi resiko penyakit jantung, meningkatkan  asam empedu, lemak, dan kolesterol.

*      Vitamin C 10,2%

Vitamin melakukan fungsi regulator (pengatur),vitamin bekerja sama dengan enzim dalam beberapa reaksi kimia yang juga penting bagi pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan,dan reproduksi. Meskipun hanya dalam jumlah sedikit akan tetapi vitamin memiliki fungsi khusus dan tidak dapat digantikan.

*      Magnesium  (Mg) 9,8%

Menjaga fungsi otot dan Syaraf, membantu proses pencernaan protein dan mampu memelihara kesehatan otot serta sistem jaringan penghubung.

*      Triptofan 1,4%

Meningkatkan fungsi otak dalam menyerap informasi,menjaga kestabilan emosi,menunjang fungsi dari vitamin B kompleks ,meningkatkan kesehatan syaraf,meningkatkan rasa ketenangan ,mencegah insomnia,meningkatkan pelepasan hormon pertumbuhan yang penting,mencegah obesitas dan penyakit jantung.

*      Zat Besi (Fe) 7,4%

Metabolisme energi dan sistem kekebalan tubuh, transportasi utama dalam mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh, produksi hemoglobin.

*      Tembaga ( Cu) 6,5%

Mengaktifkan enzim sitokrom-oksidase, askorbit-oksidase, asam butirat-fenolase dan lactase, metabolisme protein dan karbohidrat dan membentuk sel darah merah.


*      Fosfor ( F ) 6,5%

 Memperkuat tulang dan mengatur pengalihan energi, absorpsi dan transportasi zat gizi.

*      Caumarin

Untuk mencegah  radikal bebas dari degenerasi sel-sel yang merupakan penyebab utama kanker . Coumarin juga dapat meningkatkan aktivitas sel-sel darah putih, sel-sel mempertahankan sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan sel-sel berbahaya, termasuk sel-sel kanker.
*      Betalain
Pigmen tumbuhan yang memberi warna kuning, jingga, merah, dan ungu pada bagian daun dan buah .
-          Betacyanin      : Menghambat radikal bebas dan pencegah kanker.
-          Antocyanin     : Sebagai antioksidan dan penangkap radikal bebas.










*      Efek Nitrat
Setelah minum jus bit, partisipan mengalami penambahan stamina sebesar 16%. Artinya, mereka yang biasanya kehabisan energi setelah jogging selama 1 jam mendapat ekstra waktu 10 menit. Selain itu, mereka bisa mencapai jarak yang sama dalam waktu yang lebih cepat. ”Kami sangat terkejut dengan efek jus bit dalam pengurangan pengeluaran oksigen, karena efek ini tidak bisa diperoleh dengan cara lain, termasuk program olahraga,” tutur salah seorang peneliti Andy Jones. Tentu saja Anda akan lebih fit setelah berolahraga, tetapi penggunaan oksigen anda tetap sama.
Disebabkan oleh kandungan nitrat yang tinggi dalam jus bit. Zat kimia ini, menurut peneliti, juga bisa ditemukan pada sayuran hijau seperti kol dan bayam, khususnya pada konsentrat jus. ”Meskipun studi ini menggunakan jus bit yang dijual di pasaran, anda akan mendapatkan manfaat yang sama dengan mengonsumsi jus yang dibuat di rumah,” terang Jones.
Segelas jus buah bit ternyata mampu meningkatkan stamina. Mengkonsumsi satu gelas jus buah bit setiap hari dapat menjaga tubuh kita tetap fit tanpa harus bersusah payah melakukan olahraga ke gym ataupun jogging.
2.3  Buah Bit sebagai Penghancur Sel Tumor

        Tumor berasal dari kata tumere dalam bahasa latin yang berarti "bengkak". Tumor (bahasa Inggris: tumor, tumour) adalah sebutan untuk neoplasma atau lesi padat yang terbentuk akibat pertumbuhan sel tubuh yang tidak semestinya, yang mirip dengan simtoma bengkak.
        Tumor adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan adanya pertumbuhan massa (solid/padat) atau jaringan abnormal dalam tubuh. Massa ini timbul sebagai akibat dari ketidak-seimbangan pertumbuhan dan regenerasi sel. Selain itu juga biasanya tidak berguna dan tidak diperlukan oleh tubuh.
Tumor berbeda dengan kista (cairan) ataupun abses (bisul). Tumor ada 2: tumor jinak dan tumor ganas (kanker). Di Indonesia sendiri, istilah tumor lebih mengacu kepada tumor jinak.
        Buah bit memiliki pigmen yaitu betalain , pigmen ini hanya dijumpai di beberapa family anggota ordo Caryophyllales termasuk Amaranthaceae yang bersifat eksklusif dengan pigmen antosianin. Betalain adalah salah satu pewarna alami penting yang banyak digunakan dalam sistem pangan. Walaupun pigmen betalain/betasianin telah digunakan untuk pewarna alami sejak dahulu tetapi pengembangannya tidak secepat antosianin.

           Sampai saat ini pigmen betalain yang telah diproduksi dalam skala besar hanya berasal dari Beta vulgaris sedangkan dari sumber tanaman yang lain, seperti Amaranthus dan Celosia masih aktif dieksplorasi untuk diteliti. Betalain dari akar bit (Beta vulgaris) telah diketahui memiliki efek antiradikal dan aktivitas antioksidan yang tinggi sehingga mewakili kelas baru yaitu dietary cationized antioxidant.

           Aktivitas antioksidan ini mampu memperlambat atau menghambat oksidasi zat yang mudah teroksidasi meskipun dalam konsentrasi rendah dan dapat melindungi sel dari efek berbahaya radikal bebas oksigen reaktif jika berkaitan dengan penyakit. Radikal bebas ini dapat berasal dari metabolisme tubuh maupun faktor eksternal lainnya. Sehingga sel tumor dapat di hancurkan oleh pigmen buah bit ini. Peran positif antioksidan terhadap penyakit tumor adalah melindungi lipoprotein densitas rendah (LDL) dan sangat rendah (VLDL) dari reaksi oksidasi yang terdapat pada buah bit.

           Betalain merupakan metabolit sekunder berupa pigmen, larut dalam air, mengandung gugus nitrogen dan berperan pada tampilan warna merah-ungu (betasianin) dan kuning-jingga (betasantin). Betalain telah digunakan sebagai perwarna makanan dan semakin meningkat penggunaannya karena memiliki aktivitas sebagai antioksidan alami yang memiliki efek positif terhadap kesehatan pada manusia. Keberadaan betalain terbatas hanya pada ordo Caryophyllales. Sumber utama betalain berupa serbuk dan/atau konsentrat dari ekstrak akar beet (Beta vulgaris). Betalain memiliki beberapa fungsi antara lain pada polinasi dan promotor penyebaran biji oleh binatang berdasarkan ketertarikan terhadap warna.





2.3  Jenis-Jenis Buah Bit

a)      Red Ace Hybrid

Red Ace Hybrid adalah buah bit  yang sangat mudah beradaptasi. Memberikan hasil yang besar bahkan di iklim yang varietas lain menemukan stres. Para bola yang halus dan bulat, dengan cor merah dalam dan jelas-ditandai cincin konsentris. Rasa halus, lembut, dan manis.

 

 

b)      Chioggia, heirloom

Chioggia adalah buah bit yang paling besar,dan dicari oleh petani kebun organik untuk warna yang mencolok. Diameter sekitar dua inci dan ketika diiris terbuka mengungkapkan cincin terang, pink dan putih bergantian. Terkenal karena garis Bullseye tidak biasa merah dan putih serta manis, rasa pedas nya.

c)      Touchstone Gold

Bit jenis ini teksturnya lebih halus dan rasanya leih manis daripada buah bit yang lainnya. Kulit oranye pucat pada bulat ini, buah  yang besar, dan emas cerah interior. Parut menjadi salad, rebus sebentar dan mash dalam makanan dan minuman, atau iris dan tumis untuk lauk yang terlihat sebagus rasanya.

 

d)     Early Wonder

Buah yang  lezat seperti lobak atau bayam, dan sangat bergizi, cukup satu cangkir memiliki lebih banyak zat besi daripada hamburger patty, berlimpah hijau, bit beraroma. Ditanam diawal musim panas, dan akhir musim panas untuk tanaman musim gugur. Tumbuh selama periode suhu panas harus dihindari. Zona USDA 10 dan 11 dapat menabur gugur selama musim dingin.

 

e)      http://www.burpee.com/images/product/prod000612/prod000612_lg.jpgDetroit Dark Red Beet Seeds

Ini adalah jenis bit yang lembut dan manis, halus, bentuk bulat dan warna merah yang kaya.Bit adalah tanaman dingin cuaca, langsung ditabur di musim gugur atau secepat tanah dapat bekerja di musim semi. Sebelum penanaman, pastikan bahwa tanah adalah sebagai longgar, kaya, dan dikeringkan serta mungkin, sehingga akar dapat tumbuh tanpa stress.

f)       Perfected Dtroiet
Kaya warna merah di seluruh buah,bentuk pipih, tidak ada cincin atau garis-garis putih. Selalu manis dan kaya untuk pengalengan, pengawetan dan makan segar. Waktu tanam cocok untuk wilayah yang memiliki musim semi dan musim gugur.

g)      Ruby Queen

https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSM_ClLG6OddRF1VbgDYBFV7uGpil9ZZIyFzmx4aCIP6x1TIadDpghttps://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTY7lFaEORMwv_0Mqqe2PDzdmRU2XoEoHP_fN-AEov4BYuXg02PmgBit bulat dengan kulit halus dan bahu dan memiliki halus, tekstur mentega,berwarna merah dan extra manis. Interior adalah merah tua seragam dengan ada zonasi. Atasan berwarna hijau kusam dengan sedikit merah marun dan mencapai ketinggian 10-12 inci.

 

h)      Golden Beet / Burpee's Golden, heirloom

            Emas bit sedikit kurang manis daripada bit merah, tetapi juga memiliki lebih mellow, rasa kurang bersahaja di sekitar. Jika tidak ada yang lain, bit emas menambah terang, warna kuning zesty ketika disajikan panggang atau salad.

i)        Bull’s Blood

Warna indah gelap burgundy dan memiliki rasa yang manis. Jus dari bit digunakan untuk membuat satu-satunya pewarna makanan merah diperbolehkan oleh hukum Swedia. Jangan biarkan bit tumbuh terlalu besar karena yang lebih kecil itu lebih lembut.

 

BAB III

PENUTUP

3.1 Simpulan

1.      Bagi penderita tumor sebaiknya buah bit disantap dengan cara diblender / jus. Pertama cuci buah bit sampai bersih, kemudian kupas kulitnya dan potong-potong. Blender buah bit dan tambahkan sedikit air,kemudian saring untuk diambil airnya saja. Dan jus buah bit siap disantap.

2.      Bit memiliki kandungan yang kaya akan zat-zatnya. Buah bit mengandung asam folat 34% (menumbuhkan dan mengganti sel-sel yang rusak) ,kalium 14,8% (memperlancar keseimbangan cairan di dalam tubuh), serat 13,6%, vitamin c 10,2% (menumbuhkan jaringan dan menormalkan saluran darah), magnesium 9,8% (menjaga fungsi otot dan syaraf), triptofan 1,4%, zat besi 7,4% (metabolisme energi dan sistem kekebalan tubuh), tembaga 6,5% (membentuk sel darah merah), fosfor 6,5% (memperkuat tulang), caumarin yang berfungsi untuk mencegah tumor, betasianin sebagai pencegah kanker.

3.      Betalain dari akar bit (Beta vulgaris) telah diketahui memiliki efek antiradikal dan aktivitas antioksidan yang tinggi sehingga mewakili kelas baru yaitu dietary cationized antioxidant yang berfungsi untuk menhancurkan sel tumor. Aktivitas antioksidan ini mampu memperlambat atau menghambat oksidasi zat yang mudah teroksidasi meskipun dalam konsentrasi rendah dan dapat melindungi sel dari efek berbahaya radikal bebas oksigen reaktif jika berkaitan dengan penyakit.

Radikal bebas ini dapat berasal dari metabolisme tubuh maupun faktor eksternal lainnya. Sehingga sel tumor dapat di hancurkan oleh pigmen buah bit ini. Peran positif antioksidan terhadap penyakit tumor adalah melindungi lipoprotein densitas rendah (LDL) dan sangat rendah (VLDL) dari reaksi oksidasi yang terdapat pada buah bit.

 

 

4.      Jenis-jenis buah bit

ü  Bull's Blood, heirloom

ü  Golden Beet / Burpee's Golden, heirloom

ü  Chioggia, heirloom

ü  Detroit Dark Red Medium Top, heirloom

ü  Early Wonder, heirloom

ü  Perfected Detroit

ü  Red Ace Hybrid

ü  Ruby Queen

ü  Touchstone Gold

3.2 Saran

Pemanfaatan obat tradisoanal lebih baik daripada menggunakan obat-obatan kimia. Kita mengetahui bahwa buah bit merupakan buah yang kurang popular di masyarakat luas , namun dibalik itu semua buah bit memiliki manfaat yang cukup besar yaitu dapat memecah sel tumor yang ada pada tubuh kita. Buah bit diproses dengan menghaluskan buah menjadi jus bagi penderita penyakit tumor.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran

 

220px-Beetroot_on_plate.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gagenah :)

HILANGNYA SIKECIL MENGGEMASKAN #reviewlarissa #reviewskincare #menghilangkanjerawat